Pengenalan Komputer #3: FUNGSI DAN MANFAAT KOMPUTER


Biasanya jika orang awam ditanya apa sih manfaat komputer, mereka akan menjawab apa yang mereka lihat sehari-hari yaitu: sebagai alat membantu pekerjaan, sebagai alat komunikasi, sebagai alat untuk senang-senang dan lainnya.

Assalamu'alaikum ...

Wah kita sudah pada tahu neh bahasan yang lalu tentang Sejarah Komputer, Hari ini kita akan membahas fungsi dan manfaat komputer. kan sayang jika kita sudah tahu apa itu komputer, juga sudah tahu bagaimana lahirnya tekhnologi canggih ini, tetapi kita tidak tahu fungsi dan manfaatnya.


Biasanya jika orang awam ditanya apa sih manfaat komputer, mereka akan menjawab apa yang mereka lihat sehari-hari yaitu: sebagai alat membantu pekerjaan, sebagai alat komunikasi, sebagai alat untuk senang-senang dan lainnya.

Memang tidak salah jika komputer adalah sarana untuk mempermudah pekerjaan manusia, karena kita tahu sendiri disetiap instansi tidak akan lepas dari komputer, juga komputer merupakan alat komunikasi yang mulai diminati oleh banyak orang dan tak jarang orang terlihat bersenang-senang dengan komputernya.

Namun fungsi dan manfaat komputer tidak hanya terbatas tiga hal itu saja banyak lagi manfaat-manfaat yang bisa didapat dari komputer. Sekarang mari kita bahas apa fungsi dan manfaat komputer bagi kita :



1. Komputer sebagai sarana mempermudah kerja

Dengan komputer banyak pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah, dahulu ketika kita akan membuat surat menyurat maka harus dengan mesin tik, dan kerap kali harus mengetik ulang karena ada kesalahan. namun disaat sekarang ini dengan bantuan komputer maka dalam waktu singkat dapat mengedit dan mencetak surat kapan saja. Tidak heran jika seluruh kantor-kantor selalu terdapat komputer.



2. Komputer sebagai alat komunikasi

Dahulu ketika kita ingin mengabari saudara dikampung, kita akan menulis secarik surat dan  menyelipkan sebuah photo untuk dikirimnya melalui pos, dan harus sabar menunggu berminggu-minggu untuk sampainya surat tersebut. Atau pun ketika ada suatu yang penting kita akan menelpon dengan tarif telepon yang mahal sekali. Namun diera komputerisasi saat ini kita tidak hanya dapat berkomunikasi secara langsung, tapi juga dapat melihat dan bertatap muka dengan saudara kita.



3. Komputer sebagai Alat Hiburan

Masih segar teringat oleh kita, dahulu ketika belum ada komputer kita mencari hiburan dengan mendengar radio, menyaksikan Televisi dan untuk memutar kaset kita membutuhkan tape. Bahkan untuk bermain game kita harus membeli console.
Setelah adanya komputer semua kegiatan diatas dapat dilakukan pada satu alat yaitu komputer, mendengarkan audio, menonton video, bermain game, chating, menonton tv streaming, masih banyak lagi lainnya.



4. Komputer sebagai Alat Pendidikan

Nah komputer bisa juga sebagai sarana untuk mencari ilmu, banyak informasi yang dapat diambil dari komputer, kita dapat mencari artikel atau pelajaran-pelajaran yang terdapat di internet. Dengan media internet kita bisa mencari informasi/edukasi secara cepat, tepat dan akurat. kita dapat membaca tulisan-tulisan para ilmuan yang sangat banyak beredar di internet.



5. Komputer sebagai Sarana Informasi

Dengan komputer kita dapat memperoleh informasi-informasi yang kita inginkan seperti :
- Informasi pendidikan
- Informasi Hiburan
- Informasi Travel
- Informasi Produk
- Informasi Pekerjaan
- Informasi Berita
- Informasi Cuaca
- Informasi Politik
- Informasi Perdagangan
- Informasi Usaha
- dll



6. Komputer sebagai Sarana Usaha

Dengan komputer kita bisa membuatnya sebagai sarana untuk membuat Usaha seperti :
- Membuat Warnet
- Membuat usaha percetakan
- Membuat usaha Video Editing
- Membuat Usaha Sablon
- Membuat Online Shop
- Membuat Jasa Service Komputer
- Membuat Usaha Design Arsitektur
- Membuat Usaha Design Grafis 
- dan banyak lagi lainnya.



7.  Komputer sebagai Sarana Kontrol

Dibeberapa pabrik, perhotelan dan perusahaan banyak komputer digunakan untuk mengontrol atau mengoperasikan system seperti :
- Mengoperasikan Mesin
- Mengontrol Lif
- Mengontrol Kamera Security
- Pengontrolan pencahayaan untuk lampu Studio
- Pengontrolan lampu lalu lintas 
- dll

Dari sekian banyak fungsi dan manfaat komputer, sangatlah jelas dimasa depan akan semakin berkembang peran komputer bagi kehidupan manusia. dengan seiring waktu pasti mempunyai tantangan-tantangan untuk diselesaikan, dengan bantuan komputer semua tantangan-tantangan yang ada akan semakin mudah untuk diselesaikan.

Dari fungsi-fungsi dan manfaat komputer diatas tentunya juga mempunyai efek negatif jika disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu berhati-hatilah kita dalam mengoperasikan komputer agar kita tidak menyalah gunakan komputer.


--------------------------------------------------------------------------------------- 
Untuk membangun website ini saya harap kamu juga mengunjungi :

https://web.facebook.com/siswandikinsa29
Please Follow Me

https://www.youtube.com/channel/UC2RLrlcKA5xSZjebszbhx6w
Please Subcribe Me

Mohon Untuk Meninggalkan Kritik, Saran, Serta Tanggapan Anda DiKomentar.

0 comments: