Typing Tutor #4: A S D F Spasi J K L ; (The Home Row)


The Home Row atau baris awal atau sering disebut sebagai posisi awal ketika kita mengetik

Assalamu’alaikum …

Hai bro …

Bagaimana udah dimulai belum belajar Typing Master –nya?, dipostingan yang lalu kan kita sudah membahas Pengenalan Typing Master yaitu membahas tentang tampilan dan tata letak dari aplikasi yang akan membantu kita dalam mempelajari teknik mengetik 10 Jari.


Oke, langsung saja. Tanpa basa-basi kita akan memulai dengan Touch Typing Course – Lesson 1 : The Home Row (posisi awal mengetik). Untuk masuk ke lesson 1 maka kita harus memilih lesson 1 di Touch Typing Course, maka akan tampil 7 pelajaran dalam lesson 1. 


Saya akan membahas 7 pelajaran tersebut kepada kamu,

1.1  Touch Typing Basics

Pengenalan tentang apa itu The Home Row atau baris awal atau sering disebut sebagai posisi awal ketika kita mengetik. Pada pelajaran ini kita akan dijelaskan bahwa posisi awal jari ketika mengetik adalah A S D F  Spasi  J K L ; silahkan lihat gambar dibawah ini.



1.2   New Key : Home Row
Pada pelajaran ini kita akan diberi latihan mengetik dengan tampilan berupa tombol-tombol, mengenal posisi awal dalam mengetik, dan kita akan mengetest seberapa mahir kita dalam mengetik.
*Tips : Ulangi jika Net speed dibawah 15 wpm dan accuracy dibawah 94%.




1.3   Understanding Results
Setelah pada pelajaran ke-2 kita diberi latihan untuk mengetik, diakhir test kita ditampilkan hasil dari test tersebut, maka dipelajaran yang ketiga kita dijelaskan maksud dari penilaian test tersebut.


a.       Time Used : Waktu yang dipakai dalam menyelesaikan latihan
b.      Gross speed : kecepatan rata-rata mengetik dalam satuan wpm (word per minutes)
c.       Accuracy : Ketepatan dalam mengetik
d.      Net Speed : Kecepatan rata-rata mengetik setelah dipotong akurasi
e.      Difficult Key : List tingkat kesusahan kita dalam mengetik tombol.

 1.4   Key Drill
Setelah kita lumayan mahir dalam pelajaran 1.2 maka kita akan mengerjakan Test di key Drill.
Jika target belum memenuhi silahkan latihan kembali di 1.2.
*Tips : Ulangi jika Net speed dibawah 15 wpm dan accuracy dibawah 94%.

1.5   Tips : Typing Test
Typing Test adalah menu disebelah kanan kita untuk mengetest tingkat kemahiran kita dalam mengetik.

1.6   Word Drill
Setelah kita merasa mahir dalam latihan Key Drill (1.4) maka kita akan latihan menggunakan Word drill (1.6) untuk melanjutkan latihan kita. Nah Key Drill tampilannya berupa tombol-tombol pada Word Drill tampilannya adalah mengetik kata perkata.
 *Tips : Ulangi jika Net speed dibawah 15 wpm dan accuracy dibawah 94%.


1.7   Paragraph Drill
Setelah kamu mahir dalam mengetik Word Drill, maka kita lanjutkan ke test mengetik per paragraf, ada tombol tambahan yang harus kita ketahui yaitu tombol Backspace (untuk menghapus) dan Enter (untuk membuat baris baru). Kedua tombol tersebut adalah tugas dari jari kelingking kanan. Pada test kali ini menentukan apakah kita bisa melanjutkan ke lasson 2 atau kita harus mengasah lagi kemampuan kita di lasson 1. 


Target yang selalu saya rekomendasikan adalah Net speed harus 15 dan accurasinya harus 94, jika kurang dari ketentuan itu maka sebaiknya mengulang dan latihan kembali, agar kedepannya kita akan lancar dalam mengetik.


Nah, gimana? Sudah jelaskan tentang lasson 1, dalam waktu tidak sampai 1 jam kamu bakal bisa koq menyelesaikan latihan ini, gampang dan mudah saja karena tangan pada posisi awal jadi belum banyak tugas-tugasnya. Namun jika tanganmu masih kaku dan belum memenuhi rekomendasi saya, maka bersabarlah latihan karena jika kamu bisa mengikuti rekomendasi saya, dipelajaran selanjutnya akan lebih mudah.


---------------------------------------------------------------------------------------
Untuk membangun website ini saya harap kamu juga mengunjungi :

https://web.facebook.com/siswandikinsa29
Please Follow Me

https://www.youtube.com/channel/UC2RLrlcKA5xSZjebszbhx6w
Please Subcribe Me

Mohon Untuk Meninggalkan Kritik, Saran, Serta Tanggapan Anda DiKomentar.

0 comments: